Senin, 21 Januari 2013

INJEKSI Apaan sih???



Mesin injeksi, maian apaan nih?? Pertama kali denger kata injeksi terasa aneh banget bagi orang kampong yang ga melek dunia. Yah mau gimana lagi, di jaman itu saya belum terlalu tertarik terhadap technology tingkat dewa, soale yang ada aja belom paham bener. Tapi emang dasarnya suka elektronika jadi yang selalu di jadiin bahan percobaan ga jauh dari sound system dan video. Macam tivi, ViSIDI,DIVIDI ,amplifier DE el el. Yah,,semenjak kecil rasa ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan yang berbasis elektronik itu sangat kuat. Benda apapun yg berhubungan dengan elektronik pasti saya bongkar bongkar tanpa bisa mengembalikan seperti semula AKA merusaknya,hahaha. Kejam emang, tapi bagi saya itu menyenangkan. Entah dari mana darah seperti ini mengalir dalam tubuh ini sampai-sampai tak bisa terhitung sudah berapa banyak korbannya, berapa miliar(bohong) telah saya keluarkan(orangtua saya yang beliin) semuanya jadi rongsokan.
Sedikit cerita tentang injeksi, kala itu duo pabrikan jepang untuk pertama kalinya mengeluarkan motor injeksi walaupun berbeda segmen. Pabrikan Honda menelurkan supra injeksi PGMFI sedangkan di kubu Yamaha mengeluarkan mesin injeksi di sport barunya, vixion dengan LC4K (liquid cooled 4 klep). Disini rasa penasaran timbul kembali, kalau dulu banyak denger kata injeksi itu di mesin diesel nah sekarang dimesin bensin terutama motor. Langsung rasa penasaranpun dating dengan tidak permisi dulu,,. Kala itu yang punya motor beginian masih bisa terhitung jari di tempat saya. Bertanya pada orang-orang pengguna motorpun masih pada awam. Taunya motor injeksi itu mahal dan sparepartnya pun susah pasti dan juga mahal mahal. Padaha yang aku tanyakan jawabannya bukan yang seperti itu. Langsung saja aku tanyakan ke guru otomotif, dan penjelasannya pun masih kurang, mesin injeksi itu mesin yang bahan bakarnya di seprotkan, bukan di sedot kaya karbu. Ah ini sieh aku juga ngerti. Padahal yang ingin di aku tanyakan adalah si ECUnya ini. Gimana cara kerjanya? Apa saja keunggulannya di banding CDI? untuk apa saja kegunaannya?  Dan lain sebagainya, banyak deh. Coba kalau waktu itu ketemu orang yang paham tentang injeksi pasti akan menyenangkan jawabannya.
Well inilah injeksi. Sebuah system kinerja yang membuat efisien pembakaran mesin dan mengoptimalkan tenaga yang dihasikan. Terdiri dari sensor sensor sebagai input untuk di olah datanya di ECM kemudian data yang sudah di olah di terjemahkan untuk di kirim ke system penggerak fuel pump, injector bensin dan menghantar listrik yang akan memercikkan api dibusi untuk pembakaran yang telah di sesuaikan derajat pengapiannya sehingga terciptalah efisiensi kinerja mesin yang oftimal.
Setau saya injeksi ada 2 yaitu:
Injeksi standar > program yang status tetap, tidak bisa di rubah-rubah kecuali pakai alat lagi.
Injeksi standalond > program yang dapat di rubah-rudah sesuai dengan keinginan kita.
Ah segitu dulu aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar